Kidal

IrmaKamaruddin | update: 21 Des 2014 @ 13.55 | 0 comments

Gue terlahir dengan keadaan kidal. Kemampuan tangan kiri gue untuk beraktivitas lebih besar dibandingkan tangan kanan gue yang kerjanya diam melulu. Awalnya, gue nggak begitu suka dengan keadaan ini. Tapi, banyak orang yang memuji-muji kemampuan gue beraktivitas dengan tangan kiri. Hingga membuat gue nyaman dengan keadaan gue yang kidal.





Semuanya berawal saat gue masih kecil, Banyak orang yang takjub terhadap kemampuan gue bermain badminton dengan hebatnya menggunakan tangan kiri. Mereka sering mengatakan “Wah, Irma hebat yah, main badmintonnya pake tangan kiri”.


Orang-orang itu terlalu berlebihan. Banyak kok atlet badminton dunia yang pake tangan kiri, contohnya aja Lin Dan. Banyak juga kok orang biasa yang main badminton pake tangan kiri, walaupun nggak sehebat gue, hehehe. Mungkin mereka beranggapan gue lah satu-satunya orang awam di sekitar mereka yang mampu main badminton dengan hebat, pake tangan kiri. Jadi kesanya tuh, gue udah jago, kidal pula. Terlihat keren aja di mata mereka.



Menurut penelitian, keadaan kidal lebih sering terjadi di kalangan kembar. Kata nyokap, sewaktu gue lahir 17 tahun lalu, di got rumah gue yang bau itu ada tikus betina yang melahirkan juga. Dari 6 curut yang terlahir di dunia, 1 diantaranya kidal (Nyokap gue tahu dari mana). Berdasarkan penelitian dan cerita nyokap, gue menyimpulkan curut kidal yang entah dimana keberadaannya sekarang itu adalah saudara kembar gue. Untuk Caroline Kamaruddin, saudara kembar gue, Jika kau masih hidup pulanglah kembar ku, kami menanti mu di got rumah tempat kau terlahir 17 tahun lalu.  Jika kau mati di makan kucing atau terjerat lem tikus, semoga kau tenang di alam sana. Amin. (yang ini gue becanda)



Keadaan kidal juga lebih sering terjadi pada orang-orang yang mengalami gangguan neurologis, seperti Epilepsi. Dari penelitian itu, gue juga menyimpulkan keadaan kidal gue disebabkan oleh epilepsi akut yang gue derita sejak orok. Penelitian terakhir menyebutkan, kebanyakan beruang kutub terlahir dengan keadaan kidal. 


Kesimpulan untuk penelitian terakhir ini adalah pantas saja gue suka makan ikan mentah, ternyata DNA beruang kutub mengalir deras di darah gue. (yang ini juga becanda, GARING memang !!!)



Kesimpulan dari segala kesimpulan, gue adalah sejenis hewan mamalia tingkat tinggi serupa marsupila berkantung, yang terlahir dengan kemampuannya menggunakan tangan kiri seperti halnya hewan-hewan kebanyakan lainnya. Freak.



Gue ngerasa orang-orang itu terlalu beloon menganggap gue hebat. Apa hebatnya coba pake tangan kiri ??. Peneliti saja menyama-nyamakan kami yang kidal-kidal ini dengan hewan. Gue sendiri juga malu, ngapa-ngapain selalu pake tangan kiri. Tapi, karena gue orangnya cepat banget berbangga diri dan lebih beloon dari orang-orang beloon itu, perasaan bangga dengan keadaan kidal ini selalu gue junjung tinggi. hidup orang kidal, Hidup, Hidup.


Gue dan orang lain mungkin bangga dengan kemampuan tangan kiri gue. Tapi, hal itu nggak berlaku sama nyokap. Nyokap benar-benar mengutuk habis-habisan tangan kiri gue. Bahkan, gue pernah memergoki nyokap yang hendak memasukkan tangan kiri gue ke air rebusan sayur, syukurlah tuhan berkehendak lain, tangan kiri gue baik-baik aja. Tapi, kasihan Feronicca, Nyokap salah ambil tangan, malah kepala ayam katek gue yang masuk ke panci berisi air mendidih itu, dan menjadi santapan keluarga gue di malam harinya. Sabar yah ayam. (gue becana lagi, eeheehehe)



 Sewaktu gue kelas 1 SD nilai-nilai rapor gue jelek banget. Nyokap lalu mengait-ngaitkan nilai gue yang jelek dengan keadaan gue yang kidal. Nyokap pernah bilang, kalau gue nulis pake tangan kiri terus, kemungkinan untuk tidak naik kelas 2, sangat besar. Karena nggak mau tinggal kelas, setiap hari gue berlatih menulis pake tangan kanan.



Pertama kali menulis pake tangan kanan, rasanya tuh kayak anak kecil yang baru belajar boker di kloset. Benar-benar sulit. Ngecantolin pencil di antara jari-jari tangan kanan aja susahnya minta ampun. Seminggu penuh, gue pake untuk berlatih mencantolkan pensil ke sela-sela jari. Seminggu berikutnya gue mulai belajar menulis. Tulisan pertama gue adalah Kancing. Nyantolin pensil aja susah apalagi nulisnya. Niatnya nulis Kancing eh hasilnya mala Kencing. Tulisan ke dua gue,  Bajigur. Sayangnya hasilnya jadi bajingan.



Sejak itu gue mulai putus asa, gue tidak menemukan kemajuan dalam seminggu gue berlatih menulis. Pake tangan kiri aja tulisan gue kayak cakar ayam. Eh, nyokap malah suruh pake tangan kanan, pastinya tulisan gue tambah nggak karuan kayak cakar babi hutan yang gamuk gara-gara diperkosa sama monyet buntung. Nggak bisa kebaca sama sekali.



Tetap saja nyokap nggak putus asa. keinginan nyokap melihat anaknya bisa seperti orang normal lainnya, ngebuat nyokap semakin brutal memperlakukan tangan kiri gue.  Seutas tali yang cukup panjang, pernah menjadi media nyokap untuk melatih gue nulis pake tangan kanan. Gue kirain nyokap mau bikin gantungan jemuran pake tali panjang itu. Eh, ternyata, tali super panjang itu di gunakan nyokap untuk mengikat tangan kiri gue. 



Dengan keadaan tangan kiri terikat di belakang punggung, gue berlatih menulis pake tangan kanan sambil nangis-nagisan. Tapi, gue salut sama nyokap, karena jasanyalah akhirnya gue bisa nulis pake tangan kanan dengan baik sampai saat ini.  



Setelah gue naik kelas 2. Gue kok bingung, kenapa si Soekarno, teman kelas gue bisa naik kelas padalah dia kan kidal. Didasari rasa penasaran yang tinggi, gue beranikan diri bertanya sama ibu Kumala wali kelas 1 gue.

“iBu, kok Coekalno naik kelas cih, dia kan kidal” Tanya gue, dengan kepolosan anak usia 6 tahun.
“Kan, nilainya bagus nak. Lagi pula kidal nggak memengaruhi naik atau tidaknya siswa” jawab bu kumala, lembut.

“Ohh, tapi kok mama saya bilang, orang kidal nggak bisa naik kelas bu”Tanya saya lagi.
“Ehm, berarti mama kamu boongin kamu. Sabar yah nak ”Jawab bu Kumala, sedikit menyindir.

Ternyata sodara-sodara, Nyokap saya membohongi anaknya dan tega menyiksa gue selama setahun dengan tali jemuran itu. But it’s okey, setidaknya gue bisa memanfaatkan tangan kanan gue yang terlalu pemalu ini.

Bertahun-tahun gue hidup dengan keadaan gue yang kidal. Walaupun nyokap udah mati-matian ngajarian gue nulis pake tangan kanan. Tapi, hal itu nggak ngerubah kebiasaan kidal gue yang lain. Gue masih tetap pegang raket pake tangan kiri, ngupil pake tangan kiri, makan juga pake tangan kiri(kalau pake sendok), mewarnai pake tangan kiri dan lain-lainnya. Tapi, ada beberapa hal juga yang gue lakukan pake tangan kanan misalnya : nulis, kalau pipis ceboknya pake tangan kanan (Bagi saya yang kidal, cebok pake tangan kiri itu susah. Karena tangan kanan gue nggak nyaman kalau harus pegang timba. Jadi gue ceboknya pake tangan kanan, mengang timbanya pake tangan kiri. Pengecualian untuk cebok pas boker, kan jorok juga bersiin pantat pake tangan kanan.) 

Sebenarnya nyokap mau ngerubah itu semua. Namun, hal itu nampaknya mustahil. Belajar nulis pake tangan kanan aja butuh bertahun-tahun, apalagi belajar cebok pake tangan kiri.

Akbar, adik gue pernah bilang, kalau gue megang raket pake tangan kanan. Terlihat lebih mirip kayak sayap burung merpati yang goyang-goyang karena terkena busur nyasar, ngepak-ngepak nggak jelas gitu. Sejak itu gue mutusin nggak lagi pake tangan kanan saat main badminton, sebelum anggota PMR ngira gue merpati lumpuh.

Gue pun hidup bahagia hingga detik ini dengan keadaan kidal yang menurut gue adalah anugrah, walaupun orang lain bilang ini kutukan raja bebek panggang. Terakhir kali gue ngedengar orang berkomentar tentang keadaan kidal gue, waktu pelajaran olahraga saat gue masih kelas X. Pelajaran olahraga waktu itu badminton, setiap anak punya giliran main badminton berpasangan. Waktu itu gue pasangan sama Namira. setelah pelajaran olahraga usai, Namira nyamperin gue.




“Elu kok make raketnya pake tangan kiri sih, bukannya elo nggak kidal yah ??” Tanya Namira, memerhatikan gue dari atas sampe bawa kayak lagi lihatin tai yang gapung di empang.
“Sotoy abis lohh” jawab gue ”maksud gue soto dekat rumah gue  enak.”
“Apa hubungannya ??” Tanya Namira, bingung.
“Iya, penjual sotonya kidal. Masa kemaren gue makan. Terus, embaknya garuk-garuk pantat pake tangan kiri. ” Jawab gue, ngaco.
“Ohh, ”Namira benar-benar bingung. Karena nggak mau Amnesia, Namira lalu beranjak pergi meninggalkan gue.


← Older / Scroll Back Up / Newer →

Copyright © Irmak 2009 - . All rights reserved.