Tugas "Life Cycle Analysis of Teh Botol Sosro"

IrmaKamaruddin | update: 22 Mei 2015 @ 05.00 | 0 comments

Minna,...
Konnichiwa....

Beberapa hari yang lalu dosen gue ngasih tugas "Membuat Life Cycle Analysis Sebuah Benda"...
Lalu, gue menjadi EXCITED dengan tugas mata kuliah ekologi industri ini. Setelah melalui musyawah sengit bersama tim gue sebut saja mereka "Yanto dan Wedew". Akhirnya, TEH BOTOH SOSRO terangkat secara aklamasi untuk kami ceritakan daur hidupnya.

Berdasarkan instruksi ketua kelas, tugas kali ini harus dibuat berupa poster dengan ukuran A2 dan dimasukkan ke dalam PPT lalu, dikirim ke emailnya pak.

Setelah berlama-lama tak pernah menyentuh Corel Draw hingga akhirnya tugas ini jatuh dari langit, dan saat itu juga gue untuk pertama kalinya di tahun 2015 kembali menjalin hubungan spesial dengan Corel Draw kemudian, gue menjadi hilang kendali. Hubungan spesial gue dan Corel Draw menghantarkan gue membuat sebuah Poster yang sesungguhnya sangat alay, penuh warna dan itu tidak gue masukkan ke PPT lalu, dengan brutalnya tugas itu gue kirim 1 minggu lebih cepat daripada teman-teman yang lain, ha ha ha ha *ketawa jahat

Dan.... Pak nggak Komplain apa-apa.... hahahahahha :D



Jadi, Life Cycle Analysis sebuah benda "Things" menceritan kisah lahir sebuah benda hingga matinya dan pengaruhnya terhadap lingkungan, eeeaaaa....

atau kerennya, LCA ini tentang kisah hidup benda, dari awal diproduksi hingga kemudian masa akhir digunakannya dan dampak lingkungan yang disumbangkan oleh aktivitas benda itu . LCA ini merupakan metode yang dilakukan untuk menguji atau menganalisis penyediaan suatu produk secara lengkap, seperti :
  1. Penyediaan bahan dasar produk
  1. proses pengolahannya (teknologinya, hasil sampingnya, dan emisi yang dihasilkan)
  1. distribusi
  1. penjualan hingga ke konsumen
  1. dampak terhadap lingkungan
  1. pengaruhnya terhadap kondisi sosial ekonomi 
Dengan berbekalkan ilmu dari Pak Daniel, dosen kami yang keceh badai. Akhirnya, dengan kebrutalan gue terciptalah Poster sedemikian cadasnya. 

WOw,.....

Behind The Scene :
Setelah melihat-lihat tugas teman-teman yang lain, ternyata : 
  1. Tugas tim gue yang paling gede, benar-benar A2 sedangkan, tim yang lain ukurannya cuma seperdua A4. 
  2. Cuma tim gue yang posternya nggak dimasukkin ke PPT.
  3. Cuma tim gue yang penuh warna dan gambar, tim yang lain hanya berlatarkan putih.
  4. Dan cuma tim gue yang ngrimrimnya kecepetan, ha ha ha ha :D
  5. Dan paling lama emailnya di balas oleh pak, wkkk
  6. Tapi, tenang... Nilainya Cadas kok. wkkkkk :D

Bye Minna

← Older / Scroll Back Up / Newer →

Copyright © Irmak 2009 - . All rights reserved.